Civil Tender Competition

Civil Tender Competition adalah sebuah kompetisi yang diperuntukkan untuk Mahasiswa D3/D4/S1 Jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur seluruh Indonesia yang bertujuan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang proses tender yang ada didunia kerja.

Civil Tender Competition pada Student Day of Civil engineering 11th kali ini mengsung tema “Estimasi Pembangunan Insfrastruktur yang Efektif dan Efisien” di harapkan dari lomba kali ini setiap peserta mampu membuat dokumen tender yang seefektif dan seefisien mungkin.

pamflet-ctc

Untuk ketentuan lebih lanjut:

TOR Civil Tender Competition

Formulir Civil Tender Competition

Ketentuan Aanwijzing

Harga satuan dasar dari panitia merupakan harga satuan yang perlu dicek kembali dan dilengkapi jika ada item bahan, alat, dan tenaga kerja yang tidak lengkap.

HARGA BAHAN, UPAH & ALAT

Berikut ini hasil dari AANWIJZING CIVIL TENDER COMPETITION :

1. BRITA ACARA AANWIJZING

2. JAWABAN AANWIJZING

3. SPESIFIKASI TEKNIS (RKS)

4. COVER DOKUMEN PENAWARAN TEKNIS

5. COVER DOKUMEN PENAWARAN HARGA

6. RAB STRUKTUR (revisi)

7. RAB ARSITEKTUR (revisi)

NOMOR DOKUMEN :

NOMOR DOKUMEN 

HASIL SELEKSI DOKUMEN TEKNIS DAN ADMINISTRASI :

BERITA ACARA HASIL SELEKSI DOKUMEN TEKNIS DAN ADMINISTRASI

HASIL AKHIR CIVIL TENDER COMPETITION :

BERITA ACARA HASIL AKHIR CIVIL TENDER COMPETITION

Advertisements

28 thoughts on “Civil Tender Competition

  1. NAMA TEAM: DEWATA PROJECT
    NAMA INSTANSI: POLITEKNIK NEGERI BALI

    Selamat Pagi.
    Kami dari Team Dewata Project ingin menanyakan beberapa hal sehubungan dengan pelaksanaan lomba tender kali ini, yaitu diantaranya:

    1. Apakah volume yang tercantum dalam RAB telah benar, dan peserta hanya diminta untuk membuat analisa harga satuan saja ?
    2. Apakah penerapan K3L masuk di dalam RAB ?
    3. Apakah yang dimaksud dengan Jadwal Material, Jadwal Alat dan Bahan, serta Jadwal Tenaga Kerja ? Apakah hal tersebut sudah termasuk di dalam Time Schedule ?
    4. Apakah terdapat biaya keuntungan pribadi perusahaan di dalam RAB ? mengingat tender kali ini merupakan simulasi tender dan bukan tender sesungguhnya.
    5. Apakah dalam dokumen penawaran harga seluruh RAB digabungkan atau dijadikan satu ?
    6. Berapa lama waktu yang diperbolehkan dalam proyek ini di dalam time schedule ?

    Terima Kasih.

    Like

  2. NAMA TEAM: GRADE C MANAGEMENT
    NAMA INSTANSI: POLITEKNIK NEGERI BALI

    Selamat Pagi.
    Kami dari Team Dewata Project ingin menanyakan beberapa hal sehubungan dengan pelaksanaan lomba tender kali ini, yaitu diantaranya:
    1. analisa yang digunakan sni tahun berapa ?
    2. jika tidak ada daftar harga alat dan bahan yang diberikan oleh panitia boleh kita nyari sendiri ? dan harus melampirkan bukti ?

    Like

  3. NAMA TEAM: GRADE C MANAGEMENT
    NAMA INSTANSI: POLITEKNIK NEGERI BALI

    Selamat Pagi.
    Kami dari Team Grade C management ingin menanyakan beberapa hal sehubungan dengan pelaksanaan lomba tender kali ini, yaitu diantaranya:
    1. analisa yang digunakan sni tahun berapa ?
    2. jika tidak ada daftar harga alat dan bahan yang diberikan oleh panitia boleh kita nyari sendiri ? dan harus melampirkan bukti ?
    3. nilai pagunya brapa ?

    Like

  4. Nama TIM : UNIGRES
    Nama INSTANSI :UNIVERSITAS GRESIK

    Selamat pagi
    Kami mengajukan pertanyaan sbb :
    1. untuk jangka waktu pelaksanaan itu ditentukan panitia atau kita yang menentukan sendiri?
    2. harga pagu/patokan harganya ada atau tidak?mohon penjelasannya!
    terima kasih

    Like

  5. Nama TIM: Civil Borneo Ultimatum
    Nama INSTANSI: Universitas Mulawarman

    Selamat pagi, kami dari Civil Borneo Ultimatum mengajukan pertanyaan sbb:

    1. Apakah owner memiliki target waktu kepada pihak kontraktor dalam hal waktu penyelesaian proyek?
    2. Apakah diperbolehkan bekerja lembur?
    3. Berapakah masa pemeliharaan untuk proyek ini?

    Demikian pertanyaan yang diajukan, apabila terdapat pertanyaan tambahan akan diajukan kembali. Terima kasih

    Like

  6. NAMA TIM : CGS CONTRACTOR
    NAMA INSTANSI : POLITEKNIK NEGERI MALANG

    Selamat Pagi,
    Kami dari CGS Contractor ingin mengajukan beberapa pertanyaan sebagai berikut :
    1. Untuk waktu pelaksanaan proyek ini dimulai dan diakhiri pada tanggal berapa ?
    2. Pada File yang dikirimkan pada Tim Kami, tidak tercantum dokumen “Rencana Kerja dan Spesifikasi”, apakah akan dikirmkan mendatang atau dari masing – masing Tim diberikan kebebasan untuk menyusun dokumen tersebut ?

    Mohon Penjelasannya
    Terima Kasih.

    Like

  7. NAMA TEAM : SADISAKUNA
    NAMA INSTANSI : POLITEKNIK NEGERI JAKARTA

    selamat siang,
    kami ingin mengajuka pertanyaan :
    1. berapa nilai HPS nya ?
    2. bagaimana rencana spesifikasi teknis nya ?
    3. waktu pengerjaan maksimal di tentukan atau bebas ? jika di tentukan maksimalnya berapa lama ?

    mohon penjelasannya
    terima kasih.

    Like

  8. Nama TIM : VICTORY96
    Nama INSTANSI : UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA

    Selamat Siang,
    Kami, dari tim VICTORY96, ingin menanyakan beberapa hal terkait dengan lomba tender kali ini, antara lain :

    1. B.Q. Air Conditioner belum disertakan pada dokumen RAB, tetapi , di dalam gambar bestek terdapat instalasi Air Conditioner, apakah hal ini (AC) masuk dalam pekerjaan yang harus dihitung?

    2.Apakah kita harus menggunakan daftar harga yang diberikan ?. Apabila dalam pengerjaan perhitungan, tidak terdapat daftar harga bahan yang kita butuhkan, solusinya bagaimana?

    3.Apakah volume B.Q boleh dirubah atau tidak?

    4.Apakah terdapat batas maksimal dalam penggunaan bekisting ?. Jika ada, berapa batas maksimalnya?

    5.Apakah tebal selimut beton ditentukan sendiri ?

    6.Apakah terdapat target waktu pelaksanaan proyek ini ?.

    7.Pada daftar harga barang, terdapat dua harga barang yang berbeda, tetapi barang nya sama (yaitu Elektroda) , jadi , yang mana dari dua harga tersebut yang harus digunakan?

    8. Untuk tebal plesteran, peserta menentukannya sendiri atau bagaimana ?

    9. Jika ada koefisien suatu pekerjaan yang tidak terdapat pada SNI, bagaimana solusinya?

    Terima Kasih.

    Like

  9. NAMA TEAM : ARJUNA
    NAMA ISNTANSI : UNIVERSITAS DIPONEGORO

    1. Apakah ada HPS/PAGU untuk proyek ini,kalau ada nilainya berapa ?
    2. Apakah ada BOQ yang diberikan panitia untuk peserta,yang didalamnya terdapat item-item dan batasan pekerjaan ?
    3. Berapa lama jangka waktu proyek ?
    4. Pada pekerjaan arsitektur, Item pekerjaan keramik lantai, kusen pintu jendela, aksesoris, pengecatan, kok tidak ada untuk lantai 2-6,bagaimana solusinya ?
    5. Bagaimana kondisi lahan? Lahan kosong atau sudah ada bangunan di atas lahannya?
    6. Berapa ukuran lahan total dan berapa ukuran lahan khusus prosek gedung ini?
    7. Item formwork tidak ada di rab itu bagaimana ?

    Like

  10. 1. hal-hal yang menggugurkan penawaran?
    2. bagaimana penyesuaian harganya?
    3. kelengkapan apa yang harus dilampirkan bersama dokumen penawaran?
    4. Standar apakah yang sebaiknya digunakan sebagai acuan dalam pemilihan bahan dan material?

    Like

  11. NAMA : TSPD 14
    NAMA INSTANSI : UNIVERSITAS SEMARANG

    1.HPS nya kita buat sendiri atau ditentukan?
    2. satuan BOQ nya sudah ada, apa buat sendiri?
    3. ini waktu pelaksanaannya berapa lama, apa kitab yang menentukan?

    Like

  12. NAMA : MANDIRI KREASI PUTRA
    NAMA INSTANSI : UNIVERSITAS SEMARANG (USM)

    1. Bisa dijelaskan spesifikasi teknis Struktur, Arsitektur, dan MEP nya? Terimakasih

    Like

  13. NAMA TIM : Arcaya Prayata
    NAMA INSTANSI : Universitas Brawijaya

    Selamat pagi. Kami Arcaya Prayatna akan mengajukan beberapa pertanyaan dan pertimbangan, yaitu :

    1. Mohon dipertimbangan untuk cakupan pekerjaan yang kami perhitungkan yaitu meliputi arsitektur, groundtank, rumah genzet, dan struktur saja tanpa fire protection, ME dan plumbing. Hal ini dikarenakan dalam pengerjaan kami tidak melibatkan mahasiswa jurusan arsitektur, elektro dan mesin.
    2. Bagaimana kami dapat menentukan rencana mutu atau ringkasan spesifikasi jika tidak disertakan RKS dalam file?
    3. Kami memohon untuk panitia agar memberikan gambar dalam format AUTOCAD untuk kemudahan dalam perhitungan ukuran supaya tidak terjadi kerancuan.
    4. Apakah persyaratan dokumen adminstrasi hanya surat persetujuan dari jurusan? Dan bagaimana penilaian juri sehingga dokumen penawaran dikatakan sudah memenuhi syarat?
    5. Berapakah luas lahan yang dikerjakan? Apakah site layout sudah sesuai dengan keadaan asli di lapangan (Surabaya)? ( Maksudnya, apakah proyek ini benar-benar ada di alamat dan posisi tersebut?)
    6. Untuk mendukung fair play dalam pengerjaan, kami mengharapkan panitia menyertakaan RKS untuk standarisasi merk berbagai material yang harus kami pakai agar tidak terjadi ketimpangan.
    7. Jika terjadi kendala dalam proses pengerjaan mulai tanggal 13 Oktober hingga 13 November dan proses aanwizjiing sudah berakhir, apakah masih diperbolehkan bertanya? Jika boleh, kepada siapa dan bagaimana prosedurnya?

    Mohon penjelasannya. Terimakasih atas kesempatan dan jawaban yang diberikan.

    Like

  14. NAMA TIM : SETIA BAKTI KARYA
    NAMA INSTANSI : POLITEKNIK NEGERI MALANG

    Dear Panitia Civil Tender Competition ,
    Ada beberapa hal yang ingin kami tanyakan mengenanai lomba tender , yaitu , :
    1. Berkaitan dengan site layout , Lokasi detail proyek dimana , keadaan sekitar area proyek seperti apa, cuaca beberapa bulan terakhir, dan demografi penduduk seperti apa
    2. Struktur organisasi , apa hanya anggota tim yang dilampirkan atau dapat melampirkan pembantu umum yang tidak tercantum pada saat melakukan pendaftaran?
    3. Jadwal , Adakah batas waktu pengerjaan dan biaya / Pagu anggaran ?
    4. Tolong Jelaskan apa yang dimaksud dengan jadwal material , peralatan , dan tenaga kerja
    5. K3L, apakah perlu melampirkan Dokumen AMDAL ?
    6. Dokumen Penawaran , apabila ada HPS yang tidak dicantumkan dalam kelengkapan tender , apa boleh menggunakan refrensi pribadi?
    Apakah seluruh alat dianggap menyewa ?
    7. Apa saja hal-hal yang menggugurkan penawaran?
    Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih

    Regards, Setia Bakti Karya

    Like

  15. 1. Apakah boleh mengubah volume ?
    2. Apakah boleh mengubah format RAB ?
    3. Apakah menambahan item pekerjaan pada format RAB ?
    4. Untuk masalah struktur, apakah harus menganut SNI ? dan SNI tahun berapa ?
    5. Apakah jadwal material, jadwal peralatan dan jadwal tenaga kerja harus dibedakan dengan
    kurva S ?
    6. Waktu pelaksanaan pekerjaan network diagram itu menggunakan CPM atau PDM ? atau ada
    yang lain ?
    7. Apakah boleh menggunakan jadwal dengan metode bar chart ?
    8. Apakah harga bahan dan alat harus mengikuti bahan dan alat yang dikasih ke peserta ? dan
    apakah boleh mengikuti bahan dan alat dari referensi lain ?
    9. Untuk pengadaan barang dan jasa harus mengikut peraturan pemerintah ?
    10. Apakah harus melampirkan cal sheet ? Apa format cal sheetnya ?
    (Cal Sheet = perhitungan volume –> NB : perhitungan volume ≠ total volume secara
    keseluruhan yang udah tercantum di RAB)
    11. Apakah harus melampirkan Master Sub Judul RAB ? Maksud Master Sub Judul RAB adalah
    Judul besar pekerjaan
    12. Untuk membuat K3L harus mengikuti peraturan pemerintah ? kalau iya, harus mengikutin
    peraturan dari menteri atau peraturan pemerintah kota proyek ? atau harus diikutin
    peraturan dari menteri dan peraturan pemerintah kota proyek ?
    13. Bagaimana format surat penawarannya ? dan ditanda tangani oleh siapa saja ?
    14. Apakah proyek ini boleh sub kontrak ? kalau iya, apakah boleh mengajukan penawaran
    alternatif ?
    15. Untuk nilai koefisien indeks upah dan bahan dalam perhitungan Analisa Harga Satuan
    menggunakan SNI tahun berapa ?
    16. Kalau MISALNYA volume pada RAB tidak ada pekerjaan di lapangan , apakah boleh dibuat
    nilai 0 ?
    17. Jangka waktu proyek berapa hari ?
    18. Apakah jadwal proyek sesuai dengan kalender (misal : libur idul adha,idul fitri,hari minggu,
    dll) ?

    Liked by 1 person

  16. NAMA TIM : SETIA BAKTI KARYA
    NAMA INSTANSI : POLITEKNIK NEGERI MALANG

    Dear Panitia Civil Tender Competition ,
    Ada beberapa hal yang ingin kami tanyakan mengenanai lomba tender , yaitu , :
    1. Berkaitan dengan site layout , Lokasi detail proyek dimana , keadaan sekitar area proyek seperti apa, cuaca beberapa bulan terakhir, dan demografi penduduk seperti apa
    2. Struktur organisasi , apa hanya anggota tim yang dilampirkan atau dapat melampirkan pembantu umum yang tidak tercantum pada saat melakukan pendaftaran?
    3. Jadwal , Adakah batas waktu pengerjaan dan biaya / Pagu anggaran ?
    4. Tolong Jelaskan apa yang dimaksud dengan jadwal material , peralatan , dan tenaga kerja
    5. K3L, apakah perlu melampirkan Dokumen AMDAL ?
    6. Dokumen Penawaran , apabila ada HPS yang tidak dicantumkan dalam kelengkapan tender , apa boleh menggunakan refrensi pribadi?
    Apakah seluruh alat dianggap menyewa ?
    7. Apa saja hal-hal yang menggugurkan penawaran?
    Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih

    Regards, Setia Bakti Karya

    Like

  17. 1. Untuk masa pelasanaan proyek ada batasan berapa minggu/harinya tidak?
    2. batasan/pagu harga kontrak proyek berapa?
    3. jika waktu pelaksanaan ada alat,bahan,dan upah yang tidak ada pd format yg sudah dikirim apakah ada sumber lain?
    4. untuk STO biasanya ada KOP KANTORnya, nah itu kita pakai KOP KANTOR darisana atau bikin sendiri?

    Like

  18. NAMA :RAGOTO
    NAMA INSTANSI : SEKOLAH TINGGI TEKNIK PLN

    1. waktu untuk mengerjakan proyek ini ada batasan waktunya menentukan sendiri atau ada ketentuannya?
    2. file yang dari panitia itu hanya format RAB, Gambar bestak dan harga bahan,upah dan alat, atau ada file lagi seperti spesifikasi?
    3. lebar lahan dan lebar bangunan berapa, dari arah selatan-utara dari timur ke barat berapa?
    4. kalau kita membutuhkan material yang tidak ada di daftar bahannya, kita bisa menentukan sendiri atau gimana?
    5. di lantai 1 itu ada
    -pekerjaan pemasangan dan plesteran
    – pekerjaan kramik lantai dan dinding
    -pekerjaan kusen, pintu dan jendela
    -pekerjaan sanitasi air
    -pekerjaan aksesoris
    -dan pengerjaan pengecatan
    tetapi di lantai 2,3,4,5,6 hanya ada pekerjaan pemasangan dan plesteran apakah pekerjaan kusen, pintu dan jendela, pekerjaan aksesoris dan pengerjaan pengecattan tidak ada di lantai 2,3,4,5,6?
    6. Analisa harga satuan itu pakai SNI atau gimana ya?

    Like

  19. NAMA TIM : Arcaya Prayatna
    NAMA INSTANSI : Universitas Brawijaya

    Selamat pagi. Kami Arcaya Prayatna akan mengajukan beberapa pertanyaan dan pertimbangan, yaitu :

    1. Mohon dipertimbangan untuk cakupan pekerjaan yang kami perhitungkan yaitu meliputi arsitektur, groundtank, rumah genzet, dan struktur saja tanpa fire protection, ME dan plumbing. Hal ini dikarenakan dalam pengerjaan kami tidak melibatkan mahasiswa jurusan arsitektur, elektro dan mesin.
    2. Bagaimana kami dapat menentukan rencana mutu atau ringkasan spesifikasi jika tidak disertakan RKS dalam file?
    3. Kami memohon untuk panitia agar memberikan gambar dalam format AUTOCAD untuk kemudahan dalam perhitungan ukuran supaya tidak terjadi kerancuan.
    4. Apakah persyaratan dokumen adminstrasi hanya surat persetujuan dari jurusan? Dan bagaimana penilaian juri sehingga dokumen penawaran dikatakan sudah memenuhi syarat?
    5. Berapakah luas lahan yang dikerjakan? Apakah site layout sudah sesuai dengan keadaan asli di lapangan (Surabaya)? ( Maksudnya, apakah proyek ini benar-benar ada di alamat dan posisi tersebut?)
    6. Untuk mendukung fair play dalam pengerjaan, kami mengharapkan panitia menyertakaan RKS untuk standarisasi merk berbagai material yang harus kami pakai agar tidak terjadi ketimpangan.
    7. Jika terjadi kendala dalam proses pengerjaan mulai tanggal 13 Oktober hingga 13 November dan proses aanwizjiing sudah berakhir, apakah masih diperbolehkan bertanya? Jika boleh, kepada siapa dan bagaimana prosedurnya?

    Mohon penjelasannya. Terimakasih atas kesempatan dan jawaban yang diberikan.

    Like

  20. NAMA : TSPD 14
    NAMA INSTANSI : UNIVERSITAS SEMARANG

    1. untk BQ ditmbhkan atau bauat sendiri?
    2. apakah volume sudah dihitung menyuluruh, jika ada item yng blm dihitung apa boleh menambahkan?
    3. untuk harga HPS itu apa buat sendiri?
    4. brp lama dateline pengerjaan pembngunan?
    5. sudahkah volume sdh dihitung menyeluruh, jka mash ada yang kurang apa mash bsa ditambahkan?

    Like

  21. NAMA TEAM: DEWATA PROJECT
    NAMA INSTANSI: POLITEKNIK NEGERI BALI

    Selamat Siang.
    Kami dari Team Dewata Project ingin menanyakan beberapa hal sehubungan dengan pelaksanaan tender kali ini, sebelumnya kami telah mengirimkan pertanyaan dan menemukan beberapa masalah yang ingin ditanyakan, yaitu:

    1. Apakah analisa harga satuan dibuat sendiri atau dicari ? Jika dicari sni tahun berapakah analisa harga satuannya ?

    2.Jika harga satuan bahan ada yg tidak tercantum dalam dokumen yg telah diberikan, apakah boleh mencari sendiri ?

    3.Di dalam ketentuan disebutkan batas pengumpulan terakhir pada tanggal 13 november 2016 melalui pos, itu artinya pada tanggal 13 tersebut dokumen tersebut sdh diterima panitia atau boleh tgl 12 november baru dikirim peserta

    4. Apakah daftar harga satuan alat dapat diabaikan apabila semua alat telah dimiliki perusahaan ?

    Terima Kasih.

    Like

  22. NAMA : Elbrus CT 100
    INSTANSI : INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER

    Asalamualaikum Wr. Wb.
    Berikut beberpa poin yang hendak kami tanyakan kepada panitia :
    1. Apakah HSPK dari paniti sudah termasuk/ bedasarkan HSPK Kota Surabaya 2016 ? jika belum apakah kami dapat memakai HSPK Surabaya 2016 ?
    2. Bolehkah kami meminta Aspek – Aspek penilaian civil tender competition 2016 ?
    3. Mohon dijelaskan mengenai Rencana Mutu !
    4. Untuk Spesifikasi Teknis apakah kami dapat mengasumsikan sendiri ? Atau akan diberikan dari panitia ?

    Terimakasih atas perhatianya, Asalamualaikum Wr. Wb.

    Like

  23. Nama team : tenderloin
    Nama instansi : UNPAR
    list pertanyaan:
    -apakah volume boleh/harus dihitung ulang?
    -apakah harga satuan harus/boleh diganti?harga satuan yang sudah tersedia berpatokan pada apa?
    -denah pondasi gak lengkap?
    -jenis kontraknya apa?
    -struktur organisasi maksutnya lapangan atau peserta tender?
    -bagaimana mengenai pekerjaan tambah kurang?
    -Rks gak dikasih?kalo gak dikasih kan brarti berpatokan pada harga material yang telah diberikn panitia

    Like

  24. Nama Tim : Triple A Team
    Instansi : Universitas Kristen Maranatha

    Selamat siang
    Kami dari Triple A Team Maranatha ingin mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan lomba tender, berikut list pertanyaan:
    1.Lomba bertema efektif dan efisien, tapi dalam pembuatan rab sudah diberikan volume dan bentuk rab nya,
    maka bagian mana yang akan dibuat penilaian “efisien” dan berdasar apa? Efisien terhadap apa? (waktu-mutu-biaya?)
    2. Jika ada bahan yang dibutuhkan dalam sebuah pekerjaan namun tidak tercantum dalam harga barang apa boleh
    menambahkan dan mengasumsikan sendiri harganya?
    3. Penyelesaian tender hanya dalam bentuk RAB atau dimulai dari surat2 juga?
    4. HPS diperlukan atau tidak?
    5. RKS perlu dibuat atau tidak?
    6. Laporan berbentuk apa?
    7. Kontur lokasi sebelumnya bagaimana? Apa saja pekerjaan persiapan proyek?
    8. Apakah harga satuan barang sudah termasuk harga transportasi?
    9. Deadline proyek sampai kapan?
    10. Batasan pengerjaan sampai mana? (sebaatas pembuatan RAB atau kurva S)
    11. Dokumen administrasi apakah dibutuhkan? Jika iya, dibutuhkan selengkap apa? (banyak ahli, tukang, pekerja dsb.)

    Terimakasih.

    Regard
    Triple A Team

    Like

  25. Nama Tim: Adiwijaya
    Instasi : UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

    1. Boleh di jelaskan mengenai bangunan bongkarannya? (gambar teknis bangunan sebelumnya)
    2. Jika ada perbedaan antara Gambar teknis dengan dokumen yg dikirim panitia, kita mengikuti yang mana?
    3. Apakah format rab yang dikirim panitia bisa di tambah bisa di tambah item lain?
    4. dan untuk item seperti lift itu memakai harga paketan per unit atau bagaimana?
    5. Kami meminta seluruh rangkuman jawaban untuk seluruh peserta yang bertanya

    Terima Kasih

    Like

  26. NAMA TIM : CT-97
    NAMA INSTANSI : INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER

    Assalamualaikum wr wb
    Kami mau menanyakan beberapa pertanyaan :
    1. apakah semua peserta wajib untuk menggunakan perhitungan volume yang telah disediakan oleh panitia? jika tidak, mohon diberikan gambar dengan format CAD untuk melakukan pengoreksian.
    2. estimasi waktu pelaksanaan proyek ditentukan panitia atau tidak? jika ditentukan, mohon diperjelas awal dan akhirnya proyek.
    3. pada dokumen yang telah kami terima dari panitia untuk lantai 2,3,4,5,6 tidak tercantum pengerjaan kusen, keramik dll. seperti halnya pada lantai 1. mohon dijelaskan.

    terimakasih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s